Otomotif

Isuzu D-Max Sudah, Kapan Toyota Hilux Hybrid?

 Senin, 21 Oktober 2024, 10:48 WITA

informasibali.com/cnnindonesia.com/Isuzu D-Max Sudah, Kapan Toyota Hilux Hybrid?

IKUTI INFORMASIBALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Informasibali.com, Dunia. 

Elektrifikasi pikap sudah dimulai di Thailand, salah satunya adalah Isuzu yang menyematkan teknologi mild-hybrid untuk D-Max. Lalu kapan pesaingnya, Toyota Hilux, ikut disetrum baterai?

Regional Chief Engineer Hilux Rangga Toyota Motor, Jurachart Jongusuk, menjelaskan Hilux bermesin hybrid 'memungkinkan' namun dia mengatakan kepastian versi ini dijual di suatu negara tergantung infrastruktur yang ada.

"Kami akan mempelajari potensi elektrifikasi Hilux Rangga. Namun, hal ini tergantung pada infrastruktur di setiap negara dan kesiapannya," kata Jongusuk di sela pengumuman harga Hilux Rangga di Jakarta, Selasa (15/10).

"Tetapi secara teknis mungkin saja, untuk timeline kita harus pelajari dulu," ucapnya lagi.

Hilux dan Hilux Rangga pada dasarnya menggunakan platform yang sama, pilihan mesin keduanya juga serupa yaitu bensin 2.000 cc dan diesel 2.400 cc. Bila Hilux sanggup menggendong hybrid ada kemungkinan besar Hilux Rangga bisa diaplikasikan hal yang sama.

Toyota sendiri sebenarnya telah mengenalkan Hilux Hybrid 48V pada Desember 2023, namun hanya untuk pasar Eropa.

Hilux Hybrid ini menggunakan mesin diesel 2.800 cc dilengkapi sistem mild-hybrid 48 volt. Mesin itu menghasilkan tenaga 201 hp pada 3.400 rpm dan torsi 500 Nm dari 1.600 rpm hingga 2.800 rpm.

Sistem mild hybrid-nya ada tenaga tambahan sebesar 15,7 hp dan torsi 65 Nm. Baterai 48 volt tersebut punya bobot 7,6 kg dan diletakkan di bawah kursi belakang.

Toyota mengklaim sistem mild-hybrid membuat respons throttle lebih baik dan peningkatan efisiensi bahan bakar hingga 5 persen dibanding jantung penggerak diesel konvensional.

Sementara di Thailand, negara produsen utama pikap berbagai merek di Asia Tenggara, elektrifikasi model ini sudah dimulai, salah satunya oleh Isuzu D-Max.

Dikutip dari media otomotif Thailand, headlightmag.com, Isuzu telah mengumumkan kehadiran D-Max MHEV pada bulan ini. Perusahaan merilis versi hybrid dalam dua varian dengan harga mulai 1.145.000 baht atau senilai Rp535 jutaan.

D-Max diberikan teknologi mild hybrid berupa motor elektrik 48 volt untuk membantu akselerasi dan mengisi daya saat deselerasi.

Energi dari deselerasi itu disimpan dalam baterai 370 Wh dengan berat 45 kilogram. Isuzu hanya memberikan teknologi mild hybrid ini untuk varian sistem gerak roda belakang 4x2.

Mesin yang dibawa RZ4E-TC MHEV 1,9 liter VGS turbodiesel empat silinder yang menghasilkan tenaga 150 PS pada 3.600 rpm dan torsi 350 Nm dari 1.800 rpm hingga 2.600 rpm. (sumber: cnnindonesia.com)

Penulis : bbn/net

Editor : Putra Setiawan